,

Iklan

CLN Kembangkan UMKM Agar Bisa Bersaing dan Ekspor

Redaksi
15 Sep 2024, 09:43 WIB Last Updated 2024-09-15T02:43:35Z


Jakarta -  Ketua Umum Cahaya Ladara Nusantara (CLN) Nannie Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa CLN sangat berkomitmen dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di seluruh Indonesia. 


CLN terus bertekad untuk membangun ekosistem UMKM yang berkelanjutan dan memiliki kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi maksimal dalam perekonomian negara. 


" CLN merupakan wadah yang tidak hanya menghimpun UMKM. Tapi, juga melakukan pembinaan dan membantu pemasaran para UMKM sehingga mampu bersaing secara global, hingga sampai bisa melakukan ekspor keluar negeri," kata Ketum CLN, Nannie Hadi Tjahjanto dalam sambutannya pada acara Bazar UMKM di Alun-alun Batavia PIK 2 Jakarta Utara, Sabtu, (14/09/2024).


Acara digelar selama 17 hari, sejak 13 - 29 September 2024 itu menampilkan Produk produk UMKM unggulan diantaranya Produk Makanan dan Minuman, Fashion, dan Aksesories.


CLN seperti yang dituturkan Nannie Hadi Tjahjanto, tidak hanya menghimpun para pelaku UMKM tetapi juga membina UMKM agar siap dan mampu bersaing bahkan melakukan ekspor.


"Melalui program-program pelatihan, pendampingan, dan jaringan kerja sama yang luas, CLN berkomitmen untuk membantu UMKM meningkatkan kualitas produk, memahami regulasi ekspor, dan mengakses pasar global," terangnya.


Nannie menambahkan Keberadaan UMKM di seluruh Indonesia harus dapat menimbulkan multiplier effect bagi kemakmuran dan kesejahteraan yang menyeluruh bagi rakyat Indonesia.


" Hal itu dapat diwujudkan melalui pemberdayaan dan pendampingan serta membangun ekosistem yang berkelanjutan," pungkas Nannie Hadi Tjahjanto.


Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, Jumlah UMKM saat ini kurang lebih 65 juta, keberadaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia. UMKM juga menyumbang produk domestik bruto (PDB) hingga 61 persen dari PDB Tanah Air. 


Cahaya Ladara Nusantara 


Cahaya Ladara Nusantara (CLN) dengan Ketua Umumnya Nannie Hadi Tjahjanto merupakan sebuah perkumpulan yang didedikasikan untuk memajukan UMKM dari Sabang sampai Merauke untuk kemakmuran dan kesejahteraan yang menyeluruh bagi rakyat Indonesia.


CLN merupakan organisasi tokoh perempuan terkemuka, terkenal baik dari kalangan pengusaha, pecinta UMKM dan kebaya, serta para istri pejabat. CLN concern menjaga tradisi kebaya dan batik melalui UMKM.


Didirikan dengan visi menjadi kekuatan pendorong dalam memajukan UMKM di seluruh Indonesia, melalui pemberdayaan dan pendampingan serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. (*).

Iklan